Rekomendasi Sekuritas dan Langkah Registrasi di BNI Sekuritas

Tiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita bisa pilih sesuai dengan persyaratan deposit awal atau fitur yang kita cari. Misal fitur auto order, robot, screening, dst. Anda bisa coba daftar di salah satu sekuritas dulu. Toh, kalau nanti kurang puas atau penasaran– anda bisa daftar lagi di sekuritas lain. Punya banyak akun tidak masalah.

Setahu saya, biasanya awal-awal orang sering memilih:

  • Mandiri Sekuritas (MOST),
  • Mirae Asset Sekuritas (HOTS),
  • BNI Sekuritas (ESMART/BIONS), dan
  • Indopremier (IPOT).

Tanda kurung = nama aplikasi. Anda bisa cek informasi registrasi di google, web resmi, atau di aplikasi masing-masing. Anda juga dapat mendownload aplikasi trading-nya dulu, lalu mendaftar free trial. Anda tentukan mana yang cocok dengan selera anda.

Oh iya. Saya dapat ini dari grup telegram. Daftar berikut dapat berubah-ubah kapanpun. Mohon untuk mengecek website resmi untuk informasi terbaru. Apabila anda menemukan kesalahan mohon untuk komentar di bawah. Berikut daftar sekuritas yang populer beserta deposit awal dan fee beli jual:

  1. BNI sekuritas
    Deposit awal: 100.000 (kadang tidak diminta)
    Fee : Jual 0,27% Beli 0,17% (S&K berlaku)
  2. Henan Putihrai sekuritas
    Deposit awal: 500.000
    Fee : Jual 0,28% Beli 0,18
    Rekomendasi saham: 33.000/bulan
  3. Mirae sekuritas
    Deposit awal : 10.000.000
    Fee : Jual 0,25% Beli 0,15%
  4. Indo Primer sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0,29% Beli 0,19%
    Rekomendasi saham: 33000/bulan
  5. NH Korindo sekuritas
    Deposit awal : 5.000.000
    Fee : Jual 0,28% Beli 0,18%
  6. Mandiri sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0,28% Beli 0,18%
  7. Samuel sekuritas
    Deposit awal : 1.000.000
    Fee : Jual 0,25-0,28% Beli 0,15-0,18%
    Rekomendasi saham 16500/bulan
  8. MNC sekuritas
    Deposit awal : 100.000 mahasiswa, 3.000.000 umum
    Fee : Jual 0,28% Beli 0,18%
    Rekomendasi Saham: 17000/bulan
  9. RHB sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0,25% Beli 0,15%
  10. Valbury sekuritas
    Deposit awal : 5.000.000
    Fee : Jual 0,25-0,35% Beli 0,15-0,25%
  11. Phintraco sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0,25 Beli 0,15
  12. Phillip sekuritas
    Deposit awal : 100.000 mahasiswa, 500.000 umum
    Fee : Jual 0,28% Beli 0.18%
  13. Sucor Sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0.25% Beli 0.15%
  14. Korea Investment Sekuritas
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0.23% Beli 0.13%
  15. CGS CIMB
    Deposit awal : 100.000
    Fee : Jual 0.28% Beli 0.18%
  16. BCA Sekuritas
    Deposit awal : 3.000.000
    Fee : Jual 0.28% Beli 0.18%

Meski deposit awal dan fee berbeda-beda. Tapi pada nyatanya hanya selisih nol koma sekian persen. Apabila anda berencara untuk sering transaksi (misal jadi scalper) maka barulah anda perhatikan fee transaksi. Fee beli akan otomatis diambil dari cash, sedangkan fee jual akan diambil dari hasil jual. Jangan tergiur dengan fee kecil dan deposit awal kecil, ketika trading kita juga harus memperhatikan fitur apa saja yang tersedia.

Langkah Registrasi di BNI Sekuritas

Saya bukan sales BNIS ya, tapi berhubung saya juga pakai sekuritas ini jadi saya lebih mudah menjelaskannya. Alasan kenapa pakai BNIS karena fee relatif murah (buy 0.17% dan sell 0.27%), ada auto order, serta setoran awal sangat kecil Rp100rb/Rp1jt (bahkan bisa tanpa setoran awal). Jadi kita bisa belajar trading tanpa modal besar dulu. Nanti kalau kurang puas anda bisa daftar ke sekuritas lain.

Jika anda tertarik, silahkan baca langkah berikut ini:
Catatan: Q = Question (Pertanyaan), A = Answer (Jawaban).

Q: Apa yang perlu saya siapkan ketika mau daftar di BNI Sekuritas?

A: Buku Rekening Bank, KTP, dan NPWP.
Kalau belum punya NPWP, anda bisa bikin dulu ke kantor atau daftar online, tidak sampai 1 jam jadi. Alternatifnya, jika anda pelajar bisa diganti KTP ibu kandung.

Papan jalan kantor BNI Sekuritas Yogyakarta

Q: Halo salam kenal, di mana saya bisa bisa daftar/registrasi BNI sekuritas?

A: Bisa datang ke kantor atau bisa daftar online. Daftar lewat: https://www.bnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/ atau bisa juga daftar lewat aplikasi bions. Jika anda mengalami kesulitan, silahkan hubungi CS BNI atau bertanya di Grup Muhaaz Saham.

Q: Berapa deposit awal BNI sekuritas?

A: Jika daftar online, maka minimal deposit awal = Rp100 ribu. Kalau datang ke kantor bahkan bisa tanpa deposit awal. Tapi terkadang ada yang minta setoran awal Rp1 juta.

Q: Saya tinggal di daerah ******** alamat kantor cabang ada di mana?

A: Cek di google ya mas/mbak 🙂

Q: Di daerah saya tidak ada kantor cabang, lalu apa solusinya?

A: Seperti disebutkan di atas, bisa daftar online.

Q: Ketika registrasi online kok error terus?

A1: Cek jaringan internet. Coba ganti ke jaringan lain.

A2: Pastikan ukuran file foto/scan tidak melebihi batas maksimal. (Kalau tidak salah 500KB). Minta tolong ke rekan/saudara apabila mengalami kesulitan.

Q: Apa perbedaan akun hybrid dan full online? (25 Januari 2020)

A: Akun hybrid dibantu oleh sales atau pihak sekuritas. Sedangkan yang full online kita sendiri yang melakukan transaksi. Fee hybrid lebih besar, beli 0,25% dan jual 0,35%. Sedangkan yang full online sekitar, beli 0,17% dan jual 0,27%.

Tips: Gabung saja di grup saham. Kalau ada kesulitan, banyak rekan-rekan yang siap membantu. Yang penting jangan malu bertanya.

Q: Apa perbedaan akun reguler, syariah, dan margin?

Reguler = Bisa untuk beli semua saham.

Syariah = Hanya bisa untuk membeli sahan yang masuk ke daftar saham syariah. Contoh yang tidak syariah itu perbankan pada umumnya, emiten yang banyak hutang, emiten yang jualan barang di haramkan (misal rokok), emiten yang punya sistem penjualan riba, dsb. Lebih lengkapnya anda dapat cek di web IDX atau di google.

Margin = Bisa berhutang/pinjam tambahan modal untuk beli saham. Tapi setoran awal relatif besar, kalau tidak salah Rp250jt. Serta ada syarat dan ketentuan yang perlu dicermati.

Q: Saya ditawari plafond, apa itu? (25 Januari 2020)

A1: Plafond kayak uang jaminan. Kalau gak salah ya, plafond nanti dijadikan batas margin call. Setahu saya kena bunga kalau gak lunasin sampai jatuh tempo lebih. Bunga 22% – 36%/tahun. Diproses per hari. (Mohon diralat jika salah)

A2: Gampang nya minjem uang buat nambahin modal. Maksimal 3 hari. Tapi harus dibalikin utuh, kalau floating loss gak kuat biasanya di force sell (jual paksa) buat balikin uang.

Tips: Kalau masih pemula tolak saja. Belajar saham dulu. Nanti kalau sudah jago boleh.

Q: Berapa lama sampai akun saya aktif?

A: Kalau datang ke kantor bisa 2-5 hari jadi. Kalau daftar online bisa sampai 2 minggu.

Q: Saya sudah dapat email, mana akun tradingnya?

A: Ada 2 (dua) buah email yang akan kita terima. Pertama, email akun dari KSEI yang berisi nomor RDI/RDN (Rekening Dana Nasabah). Kalau anda pakai Mobile Banking, nanti akan muncul di aplikasi sebagai rekening giro. Rekening itu digunakan untuk deposit dana kita. Email kedua adalah akun trading dari BNIS, biasanya lebih telat dari pada email KSEI. Anda bisa belajar/baca-baca tutorial trading sambil menunggu akun jadi.

Q: Saya sudah registrasi di BNI Sekuritas, tapi kok akun saya belum jadi juga?

A1: Kalau rekening pribadi anda saat registrasi adalah BNI maka tunggu saja, kemungkinan sedang antri. Kalau mau cepat komplain ke CS biar segera diprioritaskan.

A2: Kalau rekening pribadi anda beda bank / bukan BNI (catatan: BNI syariah juga dihitung beda bank) maka pastikan sudah mengirim berkas. Anda bisa tanya ke CS atau di grup jika kesulitan.

A3: Cek email di folder spam/sosial/promosi, karena kadang nyasar ke situ.

Q: Rekening saya Mandiri, BCA, BRI, dsb bisa kah untuk daftar BNI sekuritas?

A: Bisa. Tapi untuk deposit & withdraw dana akan dikenakan fee dan ada tambahan waktu. (tolong diralat)

Q: Apa aplikasi trading BNI?

A: eSmart dan Bions.

Q: Apa bedanya eSmart dan Bions? Bagusan mana? (update 6 Maret 2020)

A1: eSmart merupakan aplikasi trading lama. Tapi memiliki versi dekstop yang cukup memadai. Sedangkan Bions yang baru (hanya ada versi aplikasi). UI Bions lebih user friendly dan fitur lebih lengkap, seperti fitur pending order/automatic order yang langsung muncul. Serta bions sudah terhubung ke layanan reksadana juga. (lebih lengkapnya buka (https://www.bnisekuritas.co.id/onlinetrading/)

Jika anda sudah punya eSmart dan ingin mengaktifkan automatic order, anda perlu menghubungi CS dulu.

A2: Informasi dari member grup, kalau daftar ke kantor biasanya dapat esmart. Sedangkan kalau daftar online kita dapat bions.

Walau sebenarnya sama saja sih. Ketika kita sudah dapat user dan password, kita bisa login di kedua aplikasi tersebut. Bedanya ketika di esmart kita input user dan password, baru nanti login trading lagi. Sedangkan di bions ada kolom PIN di halaman masuk, bila anda pengguna lama esmart maka isi dengan pin trading anda.

Muh Aziz

Jika anda memiliki pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Anda juga bisa berdikusi di Grup Muhaaz Saham WA & Telegram yang dapat anda ikuti secara gratis di muhaaz.com/saham/join/.

2 Respon

  1. Asep Firman berkata:

    menurut pengalaman saya, belum menemukan sekuritas yang sempurna di semua bidang. hal itulah yang membuat saya memilih lebih dari satu sekuritas. sehingga saling melengkapi.

  1. 28 Juni 2020

    […] Setiap kali kita melakukan transaksi, baik beli dan jual. Maka akan dikenakan biaya (fee) transaksi. Besarannya ditentukan oleh masing-masing Sekuritas. Gambar di bawah adalah contoh nilai fee yang akan dikenakan. Anda bisa membaca daftar lengkapnya di halaman Rekomendasi Sekuritas dan Langkah Registrasi. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *